Format RAW – Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

format-raw-kelebihan-kekuranganPernahkah anda mendengar istilah “RAW”? Kalau belum, silakan utak-atik kamera DLSR anda di bagian Image Quality. Jika anda serius ingin menggeluti dunia fotografi profesional, saya sarankan mulai sekarang anda memotret dalam fotmat RAW.

Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih format RAW ini? RAW adalah mode kualitas gambar mentah yang ditangkap oleh sensor kamera seperti apa adanya. Dalam fotmat RAW, kamera tidak melakukan koreksi terhadap gambar sama sekali. Beda halnya dengan format JPEG/JPG. Dalam format JPEG/JPG, kamera melakukan berbagai koreksi warna, penajaman dan lainnya untuk membuat file JPEG/JPG tersebut lebih baik.

Lantas apa keuntungan Fotmat RAW dibandingkan fotmat JPEG/JPG? Banyak sekali, yaitu:

  1. Format RAW memiliki kualitas gambar lebih baik daripada JPEG/JPG karena file RAW tidak dikompresi sama sekali, sesuai dengan yang ditangkap oleh sensor kamera.
  2. White Balance bisa diubah. Dalam fotmat RAW, anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih setting white balance karena anda dapat mengubahnya nanti di software pengolah gambar anda, misalnya Photoshop atau Lightroom. Lain halnya jika anda memotret dalam format JPEG/JPG, setting White Balance sudah tidak bisa diubah lagi.
  3. Non destruktif. Para fotografer profesional sangat suka dengan fotmat RAW karena mereka miliki kendali dalam mengolah dan bereksperimen dengan foto mereka. Hal ini dimungkinkan karena gambar dengna format RAW bisa diolah tanpa merusak file aslinya.
  4. Digital Negative. File dengan Format RAW ini ibaratnya seperti klise/negatif pada jaman kamera film dulu. Klise /negatif bisa dicetak berulang kali. Nah, file RAW juga begitu, bisa diolah berulang-ulang tanpa merusak file aslinya.

Kedenganrannya sangat hebat bukan format RAW ini? Apakah tidak ada kelemahannya sama sekali? Tentu saja ada. Foto dengan format RAW memiliki 2 kelemahan saja, yakni:

  1. Ukuran yang jauh lebih besar dari pada file JPG, kira-kira tiga kali lipat. Jadi anda harus membeli kartu memori tambahan :)
  2. Karena ukurannya yang besar, maka otomatis butuh waktu yang lebih lama untuk mengolahnya di komputer.

Incoming search terms:

  • Digital Negative DNG kelebihan
  • film negatif diubah ke file JPG
  • negative foto dirubah digital foto

1 Comment Add Yours

Leave a Reply